Fungi | Definisi, Sifat, Reproduksi

Definisi jamur

Singular: Jamur adalah kerajaan organisme multiseluler eukariotik dan biasanya heterogen (tidak dapat membuat makanan sendiri) dan memiliki peran penting dalam siklus nutrisi dalam ekosistem.

Jamur bereproduksi secara seksual dan non-seksual, dan memiliki koneksi simbiosis dengan tanaman dan bakteri. Namun, itu juga bertanggung jawab atas beberapa penyakit pada tumbuhan dan hewan. Studi tentang jamur dikenal sebagai jamur.

Sifat jamur

Beberapa adalah jamur bersel tunggal, yang lain adalah multiseluler. Jamur disebut ragi. Beberapa fitur bergantian antara ragi sel tunggal dan bentuk multisel tergantung pada tahap siklus hidupnya. Sel-sel jamur mengandung nukleus dan organel, seperti sel tumbuhan dan hewan.

Dinding sel jamur mengandung kitin, yang merupakan padatan yang juga ditemukan dalam struktur eksternal serangga dan arthropoda seperti krustasea. Tidak mengandung selulosa, yang biasanya membentuk dinding sel tanaman.

Jamur multiseluler mengandung banyak helai (tunggal: hifa), yang merupakan helai bercabang. Hifa memiliki bentuk tubular dan dibagi menjadi kompartemen seperti sel oleh dinding yang dikenal sebagai septum.

Sel-sel ini dapat mengandung lebih dari satu nukleus, dan nukleus serta organ-organ lain dapat bergerak di antaranya. (Ada beberapa perdebatan tentang apakah jamur multiseluler benar-benar multiseluler, karena organel dan sel seluler dapat ditransfer dari satu sel ke sel lain dalam proses yang disebut flow cytometry.

Mereka dikenal sebagai sel multiseluler, tetapi mereka bukan sel multisel dengan cara yang sama seperti yang ditemukan tumbuhan dan hewan. , Yang mengandung sel terlampir.) Jaring jamur stigma disebut jamur.

Jamur itu hetero. Mereka tidak dapat membuat makanan sendiri dan mereka harus mendapatkan nutrisi dari bahan organik. Untuk melakukan ini, mereka menggunakan tanda hubung mereka, yang memanjang dan bercabang dengan cepat, memungkinkan bunga fungsi dengan cepat meningkatkan ukuran mereka.

Beberapa helai jamur bahkan membentuk helai seperti akar yang disebut rimpang bentuk, yang membantu menghubungkan fungsi ke substrat tempat mereka tumbuh sementara memungkinkan mereka dengan cepat mendapatkan lebih banyak nutrisi dari sumber lain.

Jamur adalah oportunis, yang berarti mereka bisa mendapatkan nutrisi dari berbagai sumber dan berkembang dalam berbagai kondisi lingkungan. Beberapa jamur mendapatkan nutrisi dari bahan organik mati.

Jamur ini disebut saprob dan terurai, yang membusuk dan menghilangkan organisme mati. Jamur lain parasit tanaman dan bertanggung jawab untuk penyakit tanaman seperti penyakit pohon elm Belanda.

Namun, jamur juga dapat memiliki hubungan simbiosis (saling menguntungkan) dengan ganggang fotosintesis atau bakteri, dan dengan akar tanaman. Korelasi simbiotik jamur dan hewan yang dibayangkan melalui fotosintesis disebut lichen, sedangkan hubungan antara akar tanaman dan jamur disebut jamur.

Reproduksi jamur

Kebanyakan jamur dapat bereproduksi melalui reproduksi seksual dan non-seksual. Reproduksi aseksual terjadi melalui pelepasan kuman atau melalui fragmentasi sel, yaitu ketika sumsum terpisah menjadi beberapa bagian yang tumbuh secara terpisah.

Dalam reproduksi seksual, individu yang terpisah mengikat tali mereka bersama-sama. Siklus hidup yang tepat tergantung pada spesies, tetapi jamur multiseluler umumnya memiliki tahap ekskresi (mengandung satu set kromosom), tahap dua kromosom, dan tahap buku harian di mana ada dua set kromosom tetapi kelompok tetap terpisah.

Semua jamur bereproduksi menggunakan spora. Kuman adalah sel mikroskopis atau kelompok sel yang menyebar dari jamur induk, biasanya melalui angin atau air. Kuman dapat tidur untuk waktu yang lama sampai kondisinya kondusif untuk pertumbuhan.

Ini adalah adaptasi dari oportunisme. Dengan sumber makanan yang terkadang tidak dapat diprediksi tersedia, kuman dapat tertidur sampai mereka dapat menjajah sumber makanan baru. Jamur menghasilkan spora melalui reproduksi seksual dan non-seksual.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *