Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara itu memiliki wisata andalan loh, ya letaknya berada dekat ibu Kota Provinsi di Manado yaitu wisata taman laut Bunaken Sulawesi Utara. Menyandang sebagai salah satu taman laut terindah di dunia loh. Letak objek wisata berada di segitiga terumbu karang, dimana lokasi tersebut menjadi habitat dari puluhan spesies terumbu karang, serta dihuni oleh berbagai jenis ikan dan biota laut. Luas kawasan mencapai 9 kilometer loh, masih masuk dalam kawasan pemkab Manado.

Buat sobat mempunyai hobi menyelam nih, maka sangat cocok deh wisata Manado ini dimasukkan dalam agenda liburan. Pasalnya keindahan panorama baut laut Bunaken tak perlu diragukan lagi sebagai satu diantara segelintir keindahan alam terbaik di nusantara. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional yakni pulau Naen, Mantehage, Bunaken, Siladen, Manado Tua serta anak-anak pulau lainnya.

Di taman nasional Bunaken Manado setidaknya ada 13 jenis terumbu karang menjulang secara vertikal kebawah kedalaman mencapai 25 hingga 50 meter. Tak cuman bentuk terumbu karang eksotis, tapi keberadaan ikan-ikan cantik yang ada sekitar 90-an spesies berkeliling di sekitaran terumbu karang, tak heran apabila wisata Bunaken mampu menarik minat wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Selain itu pantai-pantai Bunaken itu terdiri dari hutan bakau berpasir putih terpampang indah.

Menurut pengelola wisata, bahwa wisata laut Bunaken itu tak punya masa off seasons. Maksudnya wisatawan dapat berkunjung ke sana sewaktu-waktu, tapi lebih disarankan berwisata ke sana sekitar bulan mei hingga agustus saja ya, sebab pada bulan-bulan itu lah sobat dapat melihat air laut terlihat sangat jernih dan bisa hangat dengan temperatur suhu 26 sampai 31 celcius.

Bagi sobat hendak menyelam, maka terdapat 40 titik spot menyelam yakni lekukan 1, 2, 3, 4, tanjung parigi, fukui, mandolin, muka gereja, puncak barakuda, siladen, tanjung kopi, reruntuhan kapal Manado dan masih banyak spot-spot diving lainnya dengan kedalaman beragam. Tapi sekitar 20-an titik potensial yang dapat digunakan sebagai tempat menyelam terbaik di Bunaken, dimana tiap-tiap titik tersebut memiliki panorama eksotis serta berbagai biota laut hidup di dalamnya.

Setelah mengetahui keindahan taman nasional, mari sedikit kita bercerita sejarah bagaimana sih berdirinya kawasan wisata Bunaken. Sebenarnya objek wisata telah lama diresmikan 1975. Dapat dikatakan sih taman wisata bahari ini berada di tempat terpencil. Maklum saja kala itu masih pada orde baru jadi belum mengenal nama wisata nya.

Kala itu beberapa penyelam mencoba meneliti pesona bawah laut Bunaken. Tapi kegiatan menyelam tersebut tak berjalan mulus, pasalnya mereka memperoleh arahan para nelayan agar tidak menyelam ke dalam laut, dikarenakan dasar laut dihuni oleh banyak roh jahat.

Kala itu sekitar tahun 1970-an memang masih kental unsur magis dan mitos cerita hantu. Terlebih lagi beberapa waktu sebelum para penyelam itu hendak menyelam, ada seorang nelayan meninggal dunia. Nah apa telah terjadi itu lah dihubungkan dengan cerita hingga berkembang semua kalangan.

Namun para penyelam tersebut tak lantas percaya begitu saja cerita hantu tersebut. Mereka pun tetap menyelam dan akhirnya menemukan surga di bawah laut. Para penyelam akhirnya membagi pengalaman mereka kepada masyarakat dan pemerintah setempat. Bekerja sama dengan pemerintahan, maka jadilah wisata taman nasional Bunaken.

Objek wisata alam Bunaken di Manado ini tak sekedar wisata bawah laut saja loh, ya ada beberapa pulau cantik dapat dikunjungi, menikmati wisata budaya suku Bajo, bagi kamu pencinta burung cagar budaya alam, maka dapat berkunjung ke Tangkoko dua saudara Nature, ke semua itu masih dalam satu kawasan wisata Bunaken.

Bagi sobat datawisata nih ingin lebih lama menikmati keindahan alam Bunaken, lantaran di lokasi wisata pengunjung gampang menemukan resort penginapan dengan harga sewa bervariasi mulai sekelas backpacker hingga lodge berbintang. Selain itu terdapat pula tempat sewa perahu speedboat, alat snorkeling serta sewa kamera bawah laut.

Lokasi Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara

Secara administratif alamat wisata berada di pantai Liang, Wori, Sulawesi Utara. Jarak dari wisata bahari Manado ini dari pelabuhan Manado kurang lebih 7 mil atau dapat ditempuh sekitar 50 – 1 jam perjalanan bila memakai perahu motor bermesin ganda atau bila memakai velocity boat lebih cepat lagi yaitu hanya 35 menit saja.

Lantaran objek wisata berada di taman nasional daerah Manado, maka sobat dapat mengunjungi kawasan menaiki pesawat menuju ke Kota Menado terlebih dulu. Lalu dari lokasi Bandara Internasional Sam Ratulangi perjalanan di lanjutkan kembali ke Kota Manado memakai angkutan umum seperti taksi. Setelah itu dari Kota Manado ke pelabuhan Blue Banter. Pakai kapal menuju ke pulau Bunaken.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bunaken

Menurut information dari kepala resort Bunaken BTN Manado, tarif masuk dibagi menjadi dua golongan yakni buat wisatawan lokal maupun turis asing. Jadi tiket buat turis lokal itu sekitar Rp. 5.000 saja loh sedangkan tiket masuk diperuntukkan turis asing Rp. 150.000 per orang. Bila hendak menyewa peralatan snorkeling warga sekitar menyewakannya yakni Rp. 150.000 per tiap jam, serta dipandu oleh masyarakat.

Sekian artikel tentang Foto, Lokasi Dah Harga Tiket Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara, moga memberikan referensi ketika mencari wisata di Manado. Apabila artikel ini memberikan informasi bermanfaat atau pun sekedar hiburan silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar penginapan di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *