Beragam Fakta Tentang Hama Rayap & Pembasmiannya

Jika berbicara mengenai hama, ada banyak sekali jenis hama yang selama ini dikenal masyarakat. Faktanya, semua hama selalu bersifat layaknya parasit yang merugikan tiap tempat yang disinggahinya. Hama tidak hanya menyerang tumbuhan. Nyatanya, ada juga hama yang menyerang bangunan. Apa itu? Apa lagi kalau bukan hama rayap. Hama rayap adalah salah satu jenis hama keberadaannya jarang diketahui. Namun kerusakan yang diakibatkannya selalu membuat korban rugi besar. Salah satu contohnya adalah kerugian yang dialami oleh pemilik rumah mewah. Saat rumah yang awalnya mewah, lantas saat koloni rayap sudah melakukan aksi serangannya, maka rumah akan berkurang nilai estetikanya. Bahkan tidak hanya nilai estetikanya, nilai jual rumah tersebut juga akan menutun secara drastis.

Kerusakan yang diakibatkan oleh rayap ini, tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Harus ada aksi tindak cepat yang segera dilakukan. Salah satu cara jitunya yakni dengan memanfaatkan jasa anti rayap Depok, yang secara sigap siap membantu anda memberantas rayap. Tidak hanya di Depok, jasa anti rayap ini kini juga sudah banyak dibuka di beberapa cabang kota yang ada di sekitarnya. Agar anda tidak lantas menjadi korban koloni rayap, ada beberapa hal terkait rayap yang perlu anda tahu.

Beberapa hal ini menjadi fakta yang tidak terelakkan tentang rayap itu sendiri. Beberapa sifat dan fakta ini sudah menjadi ciri khas rayap yang bisa sekaligus menjadi wawasan untuk anda, agar anda lantas bisa lebih menjaga lingkungan anda dari koloni rayap. Dengan memahami beberapa fakta ini, diharapkan hidup anda akan tetap aman dan nyaman tanpa gangguan rayap.

Nah, apa saja hal yang menjadi fakta hama rayap? Berikut ini beberapa poin penjelasannya :

  • Rayap suka lingkungan lembab dan kotor

Fakta yang pertama ini tentu sudah sangat banyak diketahui masyarakat. Rayap memang sangat suka dengan kondisi lembab. Sehingga ketika ada kayu yang dalam kondisi lembab, disitulah kesempatan rayap sangat besar untuk membuat sarang huniannya. Kayu yang lembab akan lebih kental aroma selulosanya, jadi jangan heran jika pada kayu basah terdapat koloni rayap yang menetap.

  • Rayap tidak suka cuaca ekstrem

Baik cuaca yang terlalu panas, maupun cuaca yang terlalu dingin, rayap tidak menyukainya. Hal ini karena cuaca ekstrem umumnya akan bisa mengancam nyawa rayap itu sendiri. Karenanya, ruangan ber-AC jarang ditemukan rayap di sekitarnya. Kondisi rumah yang terlalu panas juga memungkinkan tidak adanya koloni rayap di dalamnya.

  • Rayap tidak suka garam

Tahukah anda? Garam ternyata bisa melakukan penyerapan kondisi lembab yang ada di sekitarnya. Garam juga memiliki sifat yang panas, yang mana sifat panasnya ini mampu mengusir rayap dari tempat ia bersarang.

  • Cat anti jamur akan menyulitkan rayap menyerang

Tidak hanya jamur yang teratasi, dengan menggunakan cat anti jamur ternyata mampu mengendalikan rayap yang ingin bersarang pada perabotan tersebut. Cat jenis ini juga akan memberikan efek lapisan yang menutup aroma khas selulosa pada kayu. Sehingga, sulit bagi rayap melakukan serangan.

  • Rayap dapat berkembang biak dengan cepat pada sarangnya

Jika sampai perabotan rumah anda dijadikan sarang oleh rayap, maka anda harus siap dengan konsekuensi adanya koloni rayap yang lebih banyak. Hal ini karena rayap bisa bertelur dengan cepat dan dimana saja yang menjadi tempat bersarangnya.

5 fakta tentang rayap di atas mungkin bisa menjadi referensi wawasan bagi anda semua. Dengan wawasan fakta terkait rayap di atas, maka anda juga bisa lebih waspada pada serangan rayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *