5 Tips Memilih Handuk Bayi Secara Tepat

Handuk bayi adalah salah satu perlengkapan bayi yang harus disediakan sebelum bayi lahir. Seperti diketahui, saat memiliki bayi tentu anda harus melengkapi barang-barang keperluan bayi seperti baju bayi, celana, kaos kaki, dan juga handuknya.

Untuk anda yang baru memiliki bayi, tentu belum memiliki pengalaman untuk membeli perlengkapan bayi seperti handuk ini. Padahal handuk bayi memiliki peranan cukup penting karena digunakan untuk mengeringkan badan si buah hati setelah mandi. Simak beberapa tips dalam memilih handuk bayi berikut ini.

1. Perhatikan Bahan Kain Handuk

Kulit bayi cenderung lebih tipis dari kulit orang dewasa sehingga mudah sekali terkena iritasi. Maka dari itu jangan gunakan handuk bayi dengan tekstur kasar. Sebaiknya pilih handuk berbahan cotton combed, flanel, nilon, dan terry cotton. Namun disarankan untuk memilih handuk bayi yang berbahan katun combed karena lebih mampu menyerap air saat mengeringkan badan bayi setelah mandi. Jangan salah memilih handuk, walaupun saat anda beli di toko bahannya lembut. Ada kalanya ketika baru handuk bayi lembut lalu saat dicuci berubah menjadi kasar teksturnya.

2. Pilih Handuk Yang Cepat Menyerap Air

Sebaiknya pilih handuk bayi yang memiliki daya serap yang cukup tinggi sehingga badan bayi bisa kering sempurna dan tidak lembab. Apabila setelah mandi badan bayi lembab lebih lama akan memicu iritasi.  Handuk yang bagus adalah yang memiliki ketebalan sempurna pada bulunya dan dingin saat digunakan.

Ketika dicuci handuk yang memiliki kualitas biasanya tidak mudah luntur. Untuk mengetes kualitas handuk bisa dengan membakar ujung handuk, bila terlalu mudah terbakar maka handuk tersebut tidak memiliki kualitas yang baik.

3. Handuk Yang Memiliki Serat Cukup Tebal

Pilih handuk bayi yang memiliki tekstur serat tebal, lembut, dan tidak mudah rontok. Handuk yang mudah rontok bisa membahayakan bagi pernapasan bagi saat badan dikeringkan setelah mandi. Untuk menjaga serat handuk tetap awet maka cuci handuk secara berulang dengan menggunakan pelembut pakaian. Pilih pelembut pakaian khusus untuk bayi atau minimal aman digunakan untuk bayi.

4. Jangan Pilih Handuk Yang Memiliki Pengharum

Sebaiknya memilih handuk yang tidak memiliki aroma sama sekali. Memang wangi handuk bisa menciptakan rasa nyaman namun hal tersebut rentan akan iritasi dan ruam pada kulit bayi yang sensitif.

Handuk yang lembab juga tidak baik digunakan untuk bayi karena rawan jamuran dan membahayakan kulit bayi. Jadi rajinlah mencuci handuk bayi minimal setelah 4 kali pemakaian.

5. Pilih Ukuran Handuk

Bayi yang mungil tentu membutuhkan handuk yang juga sesuai dengan ukurannya. Jangan gunakan handuk orang dewasa untuk anak atau handuk dengan ukuran terlalu kecil. Baiknya saat memilih handuk, cari yang ukurannya bisa menutupi seluruh badan jadi anda bisa leluasa saat mengeringkan badan bayi.

Untuk lebih variatif, anda bisa memilih handuk dengan penutup kepala. Tudung kepala pada handuk mampu membuat kepala bayi tetap hangat setelah keramas. Tudung ini juga memiliki fungsi agar menyerap lebih cepat air bekas keramas di kepala.

Demikian beberapa tips dalam memilih handuk bayi yang bisa anda praktekkan saat memutuskan membeli handuk bayi. Jika anda kebetulan sedang mencari-cari handuk bayi, ada baiknya mengunjungi Blibli. Di sana terdapat handuk bayi dengan berbagai merk dan motif. Mulai dari yang polos saja hingga motif-motif menggemaskan. Harga handuk bayi di Blibli terbilang cukup bervariasi dengan harga terjangkau. Belum lagi diskon yang diberikan cukup besar, yaitu hingga 70% untuk merk tertentu. Promo ini tentu tidak berlaku setiap hari, jadi segera berkunjung ke Blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *